MP3EI Realisasikan 382 Proyek

JAKARTA,(PRLM).- Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) telah merealisasikan lebih dari 382 proyek sejak pemerintah mencanangkan MP3EI pada 2011.

Hal ini dikemukakan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato kenegaraannya di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

MP3EI yang terealisasikan inj terdiri dari 208 proyek infrastruktur dan 174 proyek sektor riil. Nilainya tidak kurang dari Rp854 triliun.

Hal yang menggembirakan menurut SBY, mayoritas percepatan pembangunan infrastruktur dan sektor riil terjadi di luar Jawa dengan total nilai proyek sebesar Rp544 triliun.

“Kita bangga melihat berdirinya bandar udara yang megah dan modern di Makassar, Balikpapan, Medan dan Bali tidak kalah megah dari bandara internasional Soekarno-Hatta. Kita berbesar hati melihat jalan tol atas laut di Bali, jalur kereta api baru dari bandara ke pusat kota Medan, atau jembatan Kelok Sembilan di Sumatera Barat,” kata SBY.

Semua pembangunan ini, kata SBY, semakin memacu kegiatan ekonomi masyarakat. Namun SBY juga mengakui masih banyak tantangan infrastruktur ke depan. Banyak proyek infrastruktur yang lama terhambat pelaksanaannya bahkan terhenti. Baik karena alasan politik, birokrasi, atau logistik.

Hal itu menurutnya tetap merupakan pekerjaan rumah besar. Indonesia kata SBY, tidak mungkin menjadi raksasa ekonomi Asia tanpa infrastruktur yang makin lengkap, berkualitas dan modern.

“Dengan MP3EI, kita berharap akan lebih banyak lagi muncul pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan infra-struktur baru di seluruh Indonesia,” kata SBY.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s