Pohon Gamal, Bio Energi Terbarukan Kedepan

Rabu, 20 Agustus 2014

Berita Satu. Jakarta – Terbatasnya jumlah energi yang dimiliki Indonesia saat ini harus menjadi prioritas presiden terpilih Indonesia ke depan.

Presiden terpilih, kata Ketua Umum Angkatan Muda Restorasi Indonesia Riza Swarga, harus memikirkan langkah alternatif dan inovatif bagaimana memanfaatkan energi terbarukan demi kelangsungan hidup masyarakat.

Menurut dia, dengan negara yang memiliki luas hutan terbesar di dunia setelah Brasil, Indonesia memiliki potensi yang besar menciptakan bio energi sebagai energi baru dan terbarukan.

“Kita negara super power dalam kehutanan. Di dalam hutan kita ada sumber energi. Tetapi bagaiamana pengelolaannya tidak merusak hutan secara masif dan kontra produktif,” kata Riza pada Diskusi Publik DeLeader Institue di Hall Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (20/8).

Selama ini, Riza menceritakan, 80 persen subsidi pemerintah hanya dihabiskan untuk energi bio diesel yang mahal. Oleh karena itu, menurut dia, Indonesia harus beralih kepada pembangkit listrik tenaga biomile.

Reza menawarkan pohon Gamal sebagai alternatif bio energi tersebut. Dia telah bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk membuat prototipe pembangkit listrik dari pohon Gamal. Ia menjelaskan, calory filt value yang dimiliki pohon Gamal hampir setara dengan batubara.

Untuk satu kabupaten kota misalnya, jika pemerintah daerah mau memanfaatkan 2000 hektare hutannya bisa memenuhi kebutuhan listrik untuk daerah tersebut. “2 ribu sampai 5 ribu hektare bisa menghasilkan 25-50 mega watt,” katanya.

Perwujudan pohon gamal sebagai energi terbarukan, Riza melanjutkan, adalah upaya untuk membuat standarisasi sektor lingkungan hidup di Indonesia. Pemanfaatan pohon gamal dapat memenuhi kriteria tiga sokoguru pembangunan, yakni ekonomis sensibel, penerimaan secara sosial dan ramah lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s