RUU Panas Bumi Disahkan DPR

Selasa, 26 Agustus 2014

OKEZONE.COM. JAKARTA – Baru saja Rancangan Undang-Undang (RUU) panas bumi mendapatkan keputusan dari anggota DPR RI dalam rapat paripurna. Dengan begitu RUU panas bumi resmi menjadi UU Panas Bumi.

“Baru saja sidang paripurna DPR RI mengambil keputusan bahwa RUU panas bumi disahkan jadi UU. Ini sesuatu titik sejarah yang penting sekali bagi sektor energi,” ungkap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik saat ditemui di Gedung DPR, Selasa (26/8/2014).

Perbedaan utama aturan baru ini dengan UU yang lama terletak pada pengategorian eksplorasi panas bumi. Selama ini, pengembangan eksplorasi panas bumi selalu terhambat karena di kategorikan sebagai pertambangan, padahal potensi panas bumi terdapat di wilayah hutan lindung dan hutan konservasi.

“Kita sedang berpikir tentang kemandirian energi. Kata kemandirian energi itu maksudnya sumber energi yang ada di negeri kita harus di eksplorasi sebanyak-banyaknya, dan panas bumi adalah salah satu sumber energi kita,” kata dia.

Dengan disahkan UU ini, Jero berharap akan ada pengembangan sektor energi terbarukan yang mengonversi panas bumi menjadi listrik.

“Kita belum eksploitasi dengan baik, karena itu UU-nya dulu mengatakan panas bumi itu tambang, enggak boleh di hutan, padahal panas bumi yang ada di gunung itu adanya di hutan. Nah dalam UU baru ini panas bumi itu bukan tambang jadi di bolehkan hutan manapun boleh,” tukas dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s