Tiga Tahun MP3EI, Pemerintah Klaim Mayoritas Pembangunan ada di Luar Jawa

Rabu, 3 September 2014
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Alisjahbana mengatakan, realisasi MP3EI disektor infrastruktur dan sektor rill selama tiga tahun ini mencapai Rp 854 triliun. Mayoritas pembangunan itu kata Armida berada di luar Pulau Jawa.

“Sejak MP3EI diluncurkan, sudah lebih dari 350 proyek dengan investasi Rp 854 triliun. Sebagian besar di luar Jawa Rp 544 triliun di sektor infrastruktur dan sektor rill,” ujar Armida saat membuka acara realisasi tiga tahun MP3EI di JCC, Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Dia menjelaskan, berdasarkan konsep pembangunan MP3EI, maka pembangunan tersebut tidak hanya melibatkan pemerintah dan BUMN saja tetapi juga melibatkan pihak swasta. Dalam proyek yang sudah groundbreaking misalnya, Rp 157 triliun investasi berasal dari BUMN, Rp 133 triliun dari pemerintah, Rp 29 triliun swasta, dan Rp 98 triliun investasi campuran.

Sementara itu, proyek yang akan groundbreaking dalam waktu dekat ini, kata Armida, nilainya mencapai Rp 443 triliun dengan 132 proyek pembangunan.

Armida mengakui, masih ada proyek pembangunan yang belum berjalan dengan baik. Dia pun berharap agar masalah-masalah tersebut bisa diatasi. “Kita juga mengakui masih banyak yang belum tercapai karena masalah klasik, seperti masalah lahan, tata ruang yang belum selesai,” kata Armida.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s