Genjot CPO, Mendag Kedepankan One Map Policy

Kamis, 11 September 2014

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan Muhamad Luthfi menyatakan one map policy merupakan jawaban agar industri kelapa sawit dalam negeri terus mempertahankan posisinya sebagai pemasok nomor satu di dunia.
 
Dia menilai kampanye negatif menjadi salah satu tantangan terbesar industri kelapa sawit. Terlebih setelah Euro Union (EU) mengeluarkan EU Labelling Regulation 1169/2011 yang mempersyaratkan pencantuman sumber minyak nabati secara spesifik untuk seluruh produk makanan yang beredar di EU.
 
“Mesti kerjasama.Ini bukan hanya campaignya yang kita perbaiki tapi juga semuanya kayak angka yang sama,” katanya di Jakarta, (10/9/2014).
 
Sehingga dia mengatakan pemerintah dan juga swasta perlu memiliki one map policy, yakni memiliki pandangan, peta dan angka yang sama untuk menolak tuduhan kampanye negative yang dilakukan Indonesia dalam pengelolaan kelapa sawit.
 
“One map mengenai berapa emisi gas rumah kaca, berapa degradasi, dan menentukan apa yang disebut degrading land. Kalau kita tidak menentukan itu semua, kita akan ditentukan oleh orang lain,” katanya.
 
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Agribisnis dan Pangan Franky O. Widjaja menambahkan bahwa tren sustainable kelapa sawit dalam negeri sudah memiliki maping yang baik, sehingga perlu kerjasama untuk mendengungkan masalah ini.
 
Namun, dia mengatakan pemerintah juga harus memperhatikan aspek teknis agar produksi CPO terus meningkat, salah satunya dengan memperhatikan produktivitas perkebunan petani swadaya yang rendah akibat tanaman yang sudah tua dan rusak.
 
“Selain itu kegiatan riset dan pengembangan masih belum optimal dan tidak terkoordinasi, diseminasi hasil penelitian rendah.,serta kebijakan yang tidak konsisten dan koordinasi kebijakan yang belum optimal,” kata Franky.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s