RUU Perkebunan dengan Kepemilikan Asing Harus Dipertimbangkan

Thursday, 11 September 2014

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Fadil Hasan berpendapat bahwa Rancangan Undang-Undang terkait perkebunan dengan kepemilikan asing, masih harus dipertimbangkan secara matang.

“Ini perlu dipertimbangkan masak-masak, apalagi ditengah perekonomian kita secara keseluruhan masih membutuhkan investasi baik asing ataupun dalam negeri,” kata Fadil kepada Antara dalam diskusi mengenai kelapa sawit di Jakarta, Rabu.

Dalam rancangan tersebut, disampaikan juga bahwa DPR merencanakan akan adanya batasan untuk pemilik asing sebesar 30 persen dan diberikan waktu lima tahun untuk perusahaan menyesuaikan, jelas Fadil.

“Jangan sampai adanya aturan tersebut membuat investasi kita kurang menarik sehingga investor menjadi tidak masuk ke kita,” tegas Fadil.

Selain itu Fadil berpendapat bahwa pengambil kebijakan juga perlu memikirkan efisiensi terkait dari skala perusahaan tersebut.

Karena menurut dia, persaingan nantinya akan semakin ketat baik industi di dalam negeri, maupun di pasar global.

“Negara lain seperti Afrika dan Brazil sekarang kan juga membuka lahannya untuk sawit, intinya jangan sampai pembatasan ini membuat investor malah lari ke Brazil atau negara lain,” ujar dia.

Lebih lanjut Fadil mengemukakan kekhawatirannya bahwa peraturan tersebut dapat menimbulkan ketidakpastian usaha.

Oleh sebab itu dia mengatakan bahwa Gapki mengusulkan supaya pembatasan tersebut tidak diatur dalam Undang-Undang, melainkan diatur dalam peraturan pemerintah.

“Mudah-mudahan saya kira, dengan desakan aspirasi pembahasan di DPR dan pemerintah bisa betul-betul dipertimbangkan,” papar Fadil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s