Walhi minta sistem hutan kerakyatan kembali diterapkan

Sabtu, 13 September 2014

Jakarta (ANTARA News) – Organisasi lingkungan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mengatakan sistem hutan kerakyatan harus kembali diterapkan supaya masyarakat punya tanggung jawab dalam menjaga hutan.

“Saat ini sistem hutan kerakyatan hampir tidak ada lagi dan kebanyakan diambil alih oleh perusahan dengan izin pemerintah setempat,” kata Manajer Hutan dan Perkebunan Walhi Zenzi Suhadi di Jakarta, Sabtu.

Penerapan sistem hutan kerakyatan, menurut dia, memungkinkan masyarakat ikut menjaga dan melestarikan hutan yang menjadi sumber penghidupan mereka.

Ia mengatakan, pemerintah harus mendukung penerapan sistem tersebut dengan mengembalikan hutan kepada rakyat serta memberikan bantuan agar rakyat bisa mengelola perkebunan di dekat hutan tempat mereka tinggal.

“Hutan akan aman apabila dijaga oleh rakyat itu sendiri, tapi sebaliknya apabila diserahkan ke perusahaan maka yang terjadi kebakaran hutan di mana-mana,” katanya.

Kebakaran hutan, menurut dia, akan terus terjadi apabila pemerintah memutuskan akses masyarakat untuk menjaga hutan dengan tidak memberikan lahan untuk berkebun.

“Kami akan terus mendorong sistem tersebut agar tidak hilang dan rasa tanggung jawab rakyat untuk menjaga hutan akan tetap ada sampai kapanpun,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s