Renuka Targetkan Produksi Batubara 2015 600 Ribu Ton

Senin, 15 September 2014

BERITA SATU. Jakarta – PT Renuka Coalindo Tbk (SQMI) menargetkan produksi dan penjualan batu bara sebesar 600 ribu ton pada 2015.

Manajemen Renuka Coalindo menyatakan, untuk mencapai target tersebut perusahaan akan meningkatkan penjualan dalam negeri dan melanjutkan program cost reduction (pengurangan biaya) pada tahun depan.

“Perusahaan juga memprediksikan harga batu bara akan meningkat tahun ini,” jelas manajemen melalui keterbukaan informasi, Senin (15/9).

Manajemen perseroan menyebutkan, hal itu didukung oleh beberpaa faktor di antaranya pemerintah berencana membuat kebijakan pengurangan cadangan batubara, serta permintaan impor dari India yang sedang mengembangkan pembangkit listrik tenaga uap.

Adapun sepanjang semester I-2014, Renuka mencatatkan rugi sebesar US$ 485.159, menurun dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar US$ 1,76 juta.

Perusahaan memproduksi 550.000 mt (metrik ton) batubara sepanjang paruh pertama tahun ini, yang meningkat sebesar 70 persen year on year dan merupakan jumlah tertinggi yang pernah diraih.

“Produksi yang meningkat membuat perusahaan mendapat impas terhadap biaya pertambangan,” jelas manajemen.

Manajemen melanjutkan, Renuka juga telah memangkas biaya produksi dari US$ 1,41 juta ke US$ 942.826 setelah dilakukan perhitungan efisiensi biaya.

“Meskipun ada pengurangan biaya, namun marjin usaha tetap menurun,” pungkas manajemen.

Pada Juli lalu, Renuka Coalindo melalui anak usahanya PT Bandargrah Mandiangin Internasional telah mengakuisisi 90 persen saham PT Surya Global Makmur senilai US$ 50.000.

Surya Global Makmur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara dan telah memiliki Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi seluas 2.600 hektar (ha) di daerah Sarolangun, Jambi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s