SBY: Percuma SDA Melimpah Kalau SDM Lemah

Senin, 15 September 2014

OKEZONE.COM. BALIKPAPAN – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan proyek Masterplan Percepatan Perluasan Pengembangan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di bidang transportasi, energi  dan juga industri. SBY menegaskan konsep besar membangun Indonesia baik jangka panjang, menengah dan pendek memerlukan masteplan.

“Ada dua masterplan yakni percepatan dan perluasan ekonomi dan kedua percepatan dan pengurangan kemiskinan. Itu kita sebut dual track pembangunan nasional kita,” kata SBY dalam pidato peresmian di Balikpapan, Senin (15/9/2014).

Menurut dia, dengan dua masterplan ini, Indonesia telah melakukan tindakan nyata dalam menyejahterakan masyarakat dan membangun daerah di seluruh tanah air. Selain MP3EI, masa depan bangsa juga ditentukan oleh pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia (human capital).

“Tidak ada artinya kita miliki SDA melimpah, faktor demografi yang menjanjikan, letak strategis, capaian pembangunan kita hingga hari ini kalau kita tidak punya sumber daya manusia yang unggul, mau dan berdaya saing,” katanya.

“Oleh karena setiap kali kita lakukan MP3EI kita pastikan kita juga lakukan percepatan dan perluasan pembangunan SDM,” tambah dia.

Menurutnya, pemerintah bisa melibatkan swasta, BUMN, BUMD dalam pembangunan infrastruktur tersebut. Pasalnya, uang negara tidak mencukupi jika harus membiayai semuanya sekaligus.

“Setelah kita hitung 40 persen berasal dari swasta dalam negeri dan mengajak negara sahabat, 25 persen BUMN dan sedikit dari BUMD, 15 persen dar APBN. Jumlah ketiganya 80 persen. Sisanya 20 persen berasal dari paduan patungan dana pemerintah, BUMN dan Swasta,” paparnya.

“Kalau APBD terlalu banyak digunakan infrastruktur maka pendidikan, kesehatan dan pengurangan kemiskinan akan sedikit dan itu tidak baik bagi rakyat kita yang memerlukan sentuhan pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup dan mengurangi angka kemiskinan,” jelas SBY.

SBY menuturkan, Kaltim akan menjadi provinsi yang cerdas mengingat wilayah ini berkembang dengan cepat karena pembangunan infrastruktur dan jasa transportasi akan membuat Kaltim berlari dengan makin kencang.

“Maskapai akan semakin banyak maka yang menang dan bisa bersaing apabila kualitas pelayanan lebih bagus di samping menjanjikan keamanan dan keselamatan. Maskapai transportasi harus memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat, dan lebih murah serta pelayanan lebih mudah,” tukas dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s