GAPKI: Minyak Nabati Dongkrak Pangsa Minyak Sawit

Minggu, 21 September 2014,

Bisnis.com, MEDAN – Gabungan Perusahaan Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) optimistis pangsa minyak sawit dalam minyak nabati dunia berkembang pesat, dan saat ini sudah menjadi 38%, meningkat dibandingkan dengan 5 tahun lalu sebesar 18%.

“Peran minyak sawit akan semakin besar karena digunakan sebagai bahan baku energi terbarukan,” kata Ketua Umum Gapki Joefly J Bahroeny di Medan, seperti dikutip Antara, Minggu (21/9/2014).

Minyak sawit, kata dia, sudah menggeser kacang kedelai dan rapeseed sebagai minyak nabati yang paling banyak digunakan masyarakat dunia.

“Keberhasilan sawit meningkatkan pangsa pasarnya itu dipicu karena keunggulannya sebagai minyak nabati yang paling produktif, efisien dan murah,” katanya.

Untuk tetap bisa meningkatkan peran minyak sawit itu, Indonesia sebagai salah satu produsen terbesar komoditas tersebut, harus melakukan banyak hal untuk mempertahankan daya saing dan efisiensi sawit itu.

“Ramah lingkungan adalah salah satu hal yang juga paling diharuskan mengingat isu negatif tentang sawit masih terus terjadi,”katanya.

Ketua Gapki Sumut,Setia Dharma Sebayang menyebutkan, perusahaan perkebunan dan industri sawit di Sumut terus menerapkan ramah lingkungan untuk menepis isu negatif sawit.

Bukan hanya berupaya mendapatkan. Sertifikat RSPO tetapi juga ISPO yang dikeluarkan Indonesia. “Perusahaan perkebunan dan industri sawit di Sumut termasuk yang paling banyak sudah mengantongi sertifikat RSPO dan ISPO karena Sumut juga tercatat sebagai daerah terbesar dalam pengapalan atau ekspor komoditas tersebut.

Data Badan Pusat Statistik Sumut mengungkapkan, nilai ekspor sawit Sumut yang tergabung dalam golongan barang lemak dan minyak hewan/nabati hingga Juli tahun ini sudah mencapai US$2.363 miliar.

Devisa itu naik 3,62% dari periode sama tahun lalu yang masih US$2,280 miliar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s