Menhut Dukung Upaya Polri Selidiki Kebakaran Hutan

Sabtu, 20 September 2014

Berita Satu. Jakarta – Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mendukung upaya Mabes Polri menyelidiki peristiwa kebakaran hutan yang ada di sejumlah wilayah untuk mencari penyebabnya dan ikut mengamankan keberadaan hutan yang sekarang sering terbakar.

“Semua tim bergerak dan dilibatkan, mulai dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Polda setempat, Kejati dan semua yang terkait,” ujarnya ketika ditemui usai menghadiri puncak malam resepsi HUT ke-48 KAHMI di Jakarta, Jumat (19/9) malam.

Hingga saat ini, kata dia, semua tim terlibat masih berada di hutan-hutan yang terbakar di sejumlah daerah dengan koordinator berada langsung di BNPB.

“Semua tim masih di lapangan. Sekarang sedang diupayakan,” katanya.

Menhut juga tidak menampik peristiwa kebakaran hutan yang terjadi sekarang diduga diakibatkan ulah manusia sehingga harus diantisipasi agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di hutan lainnya.

“Kebakaran hutan sekarang ini sebagian diakibatkan oleh ulah manusia,” kata menteri yang juga seorang politisi tersebut.

Sebelumnya, BNPB minta kepada TNI dan Polri memantau sekaligus mengamankan keberadaan hutan karena lahan sekarang ini sering terbakar.

Ketua BNPB Syamsul Ma’arif yang secara langsung memantau kebakaran hutan di Sumatera Selatan mengatakan kasus kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah Kalimantan dan Sumatera bukan bencana alam, melainkan karena ulah manusia.

Ia menjelaskan, penyebab kebakaran hutan dan lahan disebabkan adanya pembukaan lahan baru dengan cara bakar. Namun karena cuaca kering maka api dengan cepat menjalar dan menyebabkan kebakaran yang terus meluas.

Sementara itu, Menko Kesra Agung Laksono juga meminta aparat kepolisian menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan.

Ia menilai bahwa masalah hutan dan lahan bukan hal baru karena terjadi berulang kali.

Agung Laksono juga meminta masyarakat berperan aktif melaporkan tindakan pembakaran hutan dan lahan.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie mengatakan Polda dan Polres terus melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap kebakaran itu dan selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

“Kami sudah menginstruksikan kepada masing-masing Polda dan Polres menyelidiki kebakaran hutan itu,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s