Pemkab Cirebon Berencana Kembangkan Hutan Mahoni

Jumat, 19 September 2014

Berita Satu. Cirebon – Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat berencana mengembangkan hutan mahoni sebagai hutan lindung kota.

Kepala Bidang Kehutanan Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon Wasman mengatakan, alasan pengembangan tersebut karena tanaman tersebut dinilai potensial.

“Hasil budidaya pohon tersebut dibutuhkan para perajin sebagai bahan baku untuk memasok mebel ekspor,” katanya di Cirebon, Jumat (19/9).

Tarno, salah seorang petani yang mengembangkan pohon mahoni mengaku, tanaman keras seperti mahoni cocok dan potensial dikembangkan di Kabupaten Cirebon, selain bisa dijadikan untuk hutan kota tanaman tersebut produktif, karena hasilnya dibutuhkan perajin setempat.

“Perkembangan pohon mahoni di Cirebon cepat dan tahan hama pengganggu, berbeda dengan jati dan albasiah, meski kekurangan air tanaman tersebut tumbuh subur,” ujarnya.

Kondisi hutan di Kabupaten Cirebon sangat memprihatikan. Untuk itu, diperlukan upaya bersama agar pengikisan hutan tidak menimbulkan dampak yang lebih buruk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s