RI Perluas Pasar CPO dan Rotan ke China

Kamis, 18 September 2014

Bisnis.com, JAKARTA–Menjelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, Kementerian Perdagangan seolah tak pernah tidur. Sejumlah pertemuan dan kerja sama dibangun.

Kali ini, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi melakukan serangkaian pertemuan dalam bingkai kunjungan kerja ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Kunjungan kerja Wamendag ini dalam rangka CAExpo ke-11 di Nanning, China-ASEAN E-Commerce Summit, serta China-ASEAN Industry and Commerce Forum. Selanjutnya, Wamendag menuju Shanghai.

Wamendag berkesempatan melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan pelaku usaha sawit dan produk turunannya di RRT dalam rangkaian Business Meeting-Palm Oil dengan tema “Indonesian Green Palm Oil for Food and Energy”.

 Kegiatan ini dibangun atas kerja sama antara Kemendag, Konsulat Jenderal RI Shanghai, dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI).

Sekitar 30 peserta hadir dalam kegiatan tersebut dan dihadiri para pelaku usaha industri turunan kelapa sawit, asosiasi industri oleochemical, perwakilan pemerintah, dan badan promosi perdagangan setempat.

Pada kesempatan ini, Wamendag bertemu dengan Chairman of China Cleaning Industry Association (CCIA), Zhen Wuhong, untuk membahas potensi kerja sama kelapa sawit, serta memperluas pemasaran kelapa sawit Indonesia untuk industri turunan sawit di RRT. Di Shanghai, Wamendag juga berkunjung ke pabrik Wilmar International.

AKSES PASAR ROTAN

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan meresmikan House of Indonesia. Acara yang akan dibuka pada 19 September 2014 ini ingin menunjukkan pada konsumen RRT pentingnya produk furnitur berbahan baku legal dan bukan selundupan.

“House of Indonesia ini dicetuskan dengan tujuan memperluas pasar produk Indonesia ke RRT, khususnya produk bahan baku rotan yang memenuhi mutu dan persyaratan,” ujar Wamendag dalam keterangan resmi, Kamis (18/9/2014)

Sejumlah negara Asean terlibat dalam kampanye antipenyelundupan rotan ini, seperti Malaysia dan Thailand. Kedua negara ini juga sudah memiliki area promosi produk mereka di RRT.

House of Indonesia, seluas 500 m2 berdiri dengan mengambil nuansa Bali dan terletak di Shanghai Red Star Macalline Furniture Mall Plaza. Ini adalah mall terbesar yang khusus mempromosikan produk furnitur di Shanghai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s