Akhir musim giling, harga lelang gula masih rendah

KONTAN. JAKARTA. Mendekati akhir musim giling tebu tahun ini, harga lelang gula di Pabrik Gula (PG) masih rendah. Bahkan, saat ini harga lelang yang terbentuk tidak mencapai Harga Patokan Petani (HPP) yang ditetapkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebesar Rp 8.500 per kilogram (kg).

Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Soemitro Samadikoen mengatakan, harga lelang yang terjadi saat ini berada dikisaran Rp 8.100 per kg-Rp 8.200 per kg. “Harga hancur lebur sekarang, tidak laku,” kata Soemitro, Selasa (23/9).

Rendahnya harga lelang gula ini menurut Soemitro disebabkan oleh rendahnya serapan pasar konsumsi gula dalam negeri lantaran masih maraknya peredaran gula rafinasi dan gula ilegal. Tak heran dengan kejadian tersebut, saat ini stok gula di gudang PG masih menumpuk dan tidak dapat dijual.

Akibat terputuknya harga lelang gula ini, Soemitro pesimis petani tebu dalam negeri akan mempertahankan tanamannya. Petani tidak akan mengurus tanaman dengan maksimal, dan kemungkinan lain akan mengalihkan fungsi lahan ke komoditas lain.

Soemitro berharap agar pemerintah bijak dalam menanggapi persoalan ini. Salah satu yang diharapkan oleh petani tebu adalah tidak melanjutkan pemberian sisa izin impor untuk produsen gula rafinasi mengimpor gula mentah alias raw sugar sebanyak 133.000 ton tahun ini. “Bahkan seharusnya dilakukan moratorium impor gula mentah dahulu,” kata Soemitro.

Berdasarkan perhitungan APTRI, musim giling tebu diproyeksikan akan selesai pada bulan Oktober-November mendatang. Meski demikian, beberapa PG di wilayah Sumatera telah selesai melakukan giling pada bulan September ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s