Genjot Ekspor, Kemenhut Bagikan 500 Juta Bibit Gratis

Selasa, 23 September 2014

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Kehutanan menargetkan hasil ekspor produk hutan non kayu dapat mencapai Rp3 triliun pada 2015.

Direktur Jenderal Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Sosial Hilman Nugroho mengatakan salah satu cara menggenjot ekspor adalah dengan penyediaan 500 juta bibit pohon produk hutan non kayu untuk masyarakat.

“Kami siapkan 500 juta bibit hasil hutan bukan kayu per tahun kepada masyarakat secara gratis” katanya saat Dialog Tokoh : Revolusi Mental dan Perubahan Politik Kehutanan yang Lebih Lestari, Sejahtera dan Berkeadilan, di Jakarta, (23/9/2014).

Selain itu, dia juga menargetkan ekspor tumbuhan dan satwa liar dapat mencapai Rp 25 triliun tahun depan. Namun, dia mengatakan hal tersebut harus ditunjang oleh pengelolaan kehutanan yang mencakup 3 P.

“Fungsi kawasan sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan plasma nutfah, serta pemanfaatan ekosistem yang lestari,” jelasnya.

Dia juga menyatakan bahwa faktor kontinuitas sangat penting untuk menciptakan produk yang kompetitif. “Kita ekspor bambu atau rotan sekarang jumlahnya setidaknya harus sama pada tahun berikutnya. Selain itu produk harus berkualitas dan kompetitif,” tuturnya.

Dia mencontohkan bahwa produk yang dihasilkan harus melimpah. “Karena kalau kita sudah melakukan konservasi tanah dan air, maka tiap hari harus panen air,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s