Kegiatan Industri harus Dekati Sumber Resources

Selasa, 23 September 2014

INILAHCOM, Jakarta – Kementerian ESDM meminta Kemenperin untuk memetakan kegiatan sektor industri yang berkaitan dengan kekayaan mineral Indonesia.

Dirjen Minerba, Kementerian ESDM, R Sukhyar memaparkan, ke depan pola kegiatan industri nasional wajib berdekatan dengan sumber resources (kekayaan alam). Hal ini akan memacu kegiatan sektor manufaktur bila pola kegiatan pertambangan yang memproduksi bahan baku industri bisa saling bersinergi satu sama lainnya.

“Jelas pengembangan strategi ke depan, industri harus didekatkan dengan resourcesnya,” kata Sukhyar di Jakarta, Senin (23/9/2014).

Sukhyar melanjutkan, kegiatan sektor pertambangan saat ini memiliki kebijakan yang mendorong semangat nilai tambah bagi industri tambang nasional. Pemerintah telah menerbitkan undang-undang (UU) No. 4/2009 beserta kebijakan turunannya untuk mendorong pelaku usaha mengolah hasil mineral Tanah Air agar bisa dimanfaatkan bagi kepentingan nasional.

Namun ia menyadari, kebijakan strategis ini belum menyasar pada sektor hilir yakni industri. Karena itu, ia meminta Kemenperin membentuk roadmap kebijakan industri yang erat kaitannya dengan kegiatan nilai tambah sektor mineral.

“Harus ada keharmonisan antar tiap kebijakan. Kami berharap Kemenperin membuat roadmap kebijakan industri? Sumner bahan baku olahan mineral apa yang dibutuhkan industri?,” ujar Sukhyar.

Pihaknya mengaku siap bila sewaktu-waktu pembahasan roadmap kebijakan industri dan kegiatan tambang ini bisa berjalan. Karena itu masukkan dari Kemenperin cukup membuka peluang agar pemanfaatan mineral olahan dalam negeri optimal bagi sektor manufaktur nasional.

“Silakan beri masukkan ke kami. Sektor mineral kita bisa dimanfaatkan seluas-luasnya bagi peningkatan industri nasional,” ucapnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s