SDM Kehutanan Harus Ditingkatkan untuk Genjot Produksi dan Ekspor

Rabu, 24 September 2014

Bisnis.com, JAKARTA — Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kehutanan Kementerian Kehutanan Tachrir Fathoni mengatakan kualitas sumber daya manusia (SDM) kehutanan masih perlu ditingkatkan guna mencapai target produksi dan ekspansi ekspor.

Pasalnya, dia mengatakan tingkat kebutuhan kayu per penduduk di Indonesia masih sangat kecil yang diperkirakan 0,2 m3/orang, sedangkan negara maju seperti Jepang mencapai 0,8 m3/ orang.

“Idealnya, paling tidak mencapai 0,6 m3/orang dikali jumlah penduduk. Jadi kita tidak perlu impor lagi,” katanya, Selasa (23/9/2014).

Saat ini, dia memperkirakan hasil hutan yang diambil dari kawasan hutan mencapai 50 juta m3. Dia menilai angka tersebut masih ekivalen karena negara kita tergolong sebagai negara berkembang dibandingkan dengan Jepang yang sudah menjadi negara maju.

“Padahal Jepang cenderung tidak punya lahan untuk memproduksi, sedangkan produksi dari lahan kita sebenarnya masih bisa ditingkatkan,” katanya.

Menurutnya,  SDM kehutanan harus bisa ditingkatkan kualitasnya dengan pengelolaan dan insentif yang cukup.

“Dengan pengelolaan di tingkat kesatuan pengelolaan hutan, diberikan insentif yang cukup, karena kalau tidak ini akan sulit,” jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s