Tunggakan Royalti Tambang, Negara Terima Rp30 M

Selasa, 23 September 2014

INILAHCOM, Jakarta – Sebanyak 40 perusahaan pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan (PKP2B) telah melunasi tunggakan royalti kepada pemerintah.

Sesditjen Minerba Kementerian ESDM, Paul Lubis menuturkan, hingga awal pekan ini tunggakan royalti telah dibayakan sebesar US$52,6 juta dan Rp30 miliar. Dari hasil ini pihaknya terus melakukan rekonsialisasi dengan para perusahaan pemegang PKP2B.

Tercatat untuk periode 2010-2013, tunggakan royalti perusahan pemegang PKP2B mencapai US$116 juta. “Kemajuannya sampai hari ini sudah diselesaikan utang mereka US$52,6 juta plus Rp30 miliar. Kami terus optimalkan dan bisa bertambah jumlahnya,” kata Paul di Jakarta, Senin (23/9/2014)

Paul menuturkan tunggakan royalti itu bukan sepenuhnya kelalaian pelaku usaha. Sebab, ada pemegang PKP2B yang rutin membayar kewajiban namun tidak menunjukkan bukti setor. Namun setelah proses rekonsiliasi dokumen antara Kementerian ESDM dan pemegang PKP2B maka masalah tersebut terselesaikan.

“Tunggakan 2010-2013 itu bukan berarti belum bayar semua. Setelah direkonsiliasi ternyata kebanyakan mereka belum memberikan bukti setor,” ujarnya.

Menurut data Kementerian ESDM, sebanyak 40 PKP2B yang terkendala masalah pajak dengan rincian 17 PKP2B dinyatakan kurang bayar serta 23 PKP2B belum melunasi royalti sebesar 13,5%. Perusahaan tersebut diberi batas waktu hingga akhir Oktober tahun ini untuk segera melunasi.

Pihaknya bakal bersikap tegas apabila dalam batas waktu tertentu. Sikap tegas itu berupa keterangan lalai (default) dan memberi kesempatan kedua untuk segera melunasi. “Kalau belum juga tidak diperbaiki maka bisa diterminasi,” ucapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s