UKP4: Jokowi Perlu Perhatikan Proyek 100 Hari Terakhir SBY

Selasa, 23 September 2014

Bisnis.com, NEW YORK – Presiden terpilih Joko Widodo perlu memberikan perhatian terhadap sejumlah proyek pembangunan yang masuk dalam kerangka kerja 100 hari terakhir pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto mengatakan terdapat sejumlah proyek yang saat periode Presiden SBY berakhir sudah tuntas pembangunannya.

“Seperti Blok Cepu itu sudah selesai. Regasifikasi Arun-Belawan itu juga selesai. Ada beberapa yang perlu diresmikan, tetapi ada pula yang enggak,” ujarnya saat dijumpai wartawan di sela-sela menjadi pembicara dalam diskusi The Forest and Climate Challenge‘di markas Ford Foundation, Senin (23/9/2014) waktu setempat.

Selain kedua proyek itu, Kuntoro menjelaskan proyek pembangunan floating storage and regasification unit (FSRU) Lampung juga diperkirakan tuntas, tak lama setelah pemerintahan baru mulai efektif bekerja.

Kendati demikian, dia mengaku tak dapat merinci sejumlah proyek yang perlu dipertimbangkan kelanjutannya oleh Presiden terpilih Joko Widodo. “Itu yang saya ingat, berapa persisnya saya lupa. Kalau tidak diteruskan, kami justru yang akan kerepotan,” tuturnya.

Kuntoro menggarisbawahi tak ingin terlibat dalam polemik mengenai keberadaan UKP4 dalam pemerintahan baru mendatang.

Dia menuturkan UKP4 dibentuk atas dasar Peraturan Presiden (Perpres) No. 54/2009. Lembaga itu memang dibentuk untuk membantu efektivitas dan mengawasi kerja pembangunan era pemerintahan SBY-Boediono.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s