Ini Komentar Pengusaha tentang Indonesia Palm Oil Pledge

Kamis,  25 September 2014

SINDOnews. JAKARTA – Beberapa tokoh dalam perusahaan minyak sawit dalam negeri yang turut menyaksikan Ikrar Minyak Sawit Indonesia atau yang disebut Indonesia Palm Oil Pledge menyampaikan beberapa anggapan dan tanggapannya mengenai ikrar yang dibuat oleh para produsen minyak sawit tersebut.

“Kami berkomitmen untuk minyak sawit tanpa deforestasi (no-deforestation palm oil) pada seluruh rantai suplai yang kami miliki. Pemerintah Indonesia, civil society groups, dan komunitas lokal dan masyarakat asli merupakan pemain utama dalam usaha ini,” ujar Franky Oesman Widjaja, CEO Golden Agri Resources di New York dalam rilis yang dikeluarkan di Jakarta, (25/9/2014)

Dia menambahkan, keterlibatan seluruh pihak sangat penting untuk menemukan solusi dalam menjaga hutan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan memastikan keberlanjutan pertumbuhan jangka panjang bagi industri minyak sawit.

Ditempat dan waktu yang sama Kuok Khoon Hong selaku CEO Wilmar mengatakan, pihaknya sangat senang dapat menandatangani ikrar tersebut.

“Kami sangat senang dapat menandatangani Ikrar Minyak Sawit Indonesia bersama dengan kolega yang sepaham. Hal penting bagi Ikrar ini atas kesediaan para penandatangan untuk menjadi agen perubahan dan mendorong transformasi praktek industri ke arah pembangunan berkelanjutan,” ujar Kuok

Pihaknya mengatakan sangat positif bahwa komitmen ini yang didukung oleh Kadin dapat menjadi sebuah kekuatan yang diperhitungkan. Kami percaya bahwa rantai suplai minyak sawit bebas deforestasi dapat dicapai.

Sedangkan, Dave MacLennan, Presiden dan CEO Cargill mengatakan sudah tidak sabar bekerja sama dengan pemerintah Indonesia. “Kami menantikan untuk bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, petani skala kecil, mitra bisnis lokal dan seluruh pihak yang terlibat untuk menjaga hutan, sekaligus pada saat yang sama mendukung kehidupan banyak penduduk Indonesia yang bergantung pada bisnis minyak sawit.” Tambahnya.

Dan Joseph Oetomo selaku Chairman Asian Agri juga ikut berkomentar soal ikrar tersebut. Menurutnya, ini akan jadi kolaborasi yang apik antara perusahaan minyak sawit.

“Ikrar ini merupakan kolaborasi yang sangat penting diantara perusahaan minyak sawit terkemuka. Asian Agri selalu mendukung dan mengimplementasikan produksi minyak sawit yang berkelanjutan dan bertanggung jawab,” ujar dia.

Komitmen kolektif menuju Ikrar Minyak Sawit Indonesia,menurut dia, akan membawa  ke tingkat perjalanan keberlanjutan yang lebih tinggi, dan pada akhirnya akan memberikan kebaikan bagi lingkungan, masyarakat, dan ekonomi.

“Kami memberikan apresiasi kepada KADIN Indonesia yang memulai dan memimpin usaha ini,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s