“Pembebasan BK CPO Kehilangan Momen”

Jum’at, 26 September 2014

OKEZONE.COM. MEDAN – Pemerintah kembali membebaskan bea keluar (BK) pada komoditi minyak sawit mentah (CPO). Hal ini dilakukan setelah penurunan signifikan pada harga jual CPO di pasar Internasional. Namun pembebasan BK tersebut disinyalir tak akan mampu menstimulasi kenaikan harga, hingga akhir tahun ini.

“Bukan pencabutan, tapi karena harga CPO saat ini di bawah USD800 per Metric Ton (MT) maka dengan sendirinya, BK itu gugur,” jelas Sekretaris Apindo Sumut, Laksamana Adyaksa saat dihubungi Okezone, Jumat (26/9/2014).

“Tapi itu pun tak akan mampu menggenjot harga, karena permintaan juga di akhir tahun biasanya memang menurun,” tambah dia.

Penurunan permintaan di akhir tahun itu, karena di negara-negara importir CPI, sudah menambah stok CPO mereka sejak beberapa bulan lalu, untuk keperluan musim dingin.

Menurutnya, dua bulan menuju akhir tahun memang selalu terjadi penurunan permintaan. Pasalnya, para konsumen biasanya memesan CPO sejak Juli hingga Agustus.

“Jadi CPO yang bertujuan untuk stok musim dingin, sudah mereka terima sebelum musim dingin datang. Kalau sekarang dipesan, pengirimannya kan baru tiga bulan kemudian. Artinya pembebasan BK itu memang kehilangan momen,” tambahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s