Rekomendasi Eksportir Terdaftar: ESDM Restui 100 Perusahaan Batu Bara

Jum’at, 26 September 2014,

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan sudah mengeluarkan 100 rekomendasi eksportir terdaftar perusahaan tambang batu bara.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batubara Bambang Tjahjono Setiabudi mengatakan100 perusahaan yang dapat rekomendasi itu antara lain 24 pemegang PKP2B, 53 pemegang Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP-OP) dan 23 pemegang Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi Khusus (IUP-OPK).

“Hingga Jumat ini yang sudah dapat rekomendasi ET dari kami sebanyak 100 perusahaan. 64 perusahaan lainnya masih dalam proses,” katanya, Jumat (26/9/2014).

Dia mengatakan jumlah penerima rekomendasi eksportir terdaftar (ET) akan terus bertambah. Alasannya, jumlah perusahaan tambang batu bara yang mengajukan mencapai 164 perusahaan.

Dia mengungkapkan kewajiban ET ini akan resmi diberlakukan pada awal oktober tahun ini. Meskipun demikian, pihaknya akan tetap membuka pendaftaran setelah bulan itu.

“Meski penerapan mulai berlaku 1 Oktober nanti, kami masih terus membuka kesempatan pelaku usaha untuk mengajukan permohonan,” pungkasnya.

Sebagai catatan, kebijakan persyaratan ekspor mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan No. 49/M-DAG/PER/8/2014 tentang Ketentuan Ekspor Batubara dan Produk Batubara.

Berdasarkan Pemendag itu, Kementerian ESDM diberi kewenangan untuk menerbitkan rekomendasi ET.

Ditjen Minerba kemudian menindaklanjuti beleid itu dengan menerbitkan Peraturan Dirjen Minerba no. 714.K/30/DJB/2014 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pemberian Rekomendasi Eksportir Terdaftar Batubara.

Tata cara ekspor batu bara ini mulai diterapkan pada 1 Oktober mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s