Kawasan Timur Minim Infrastruktur & Eksplorasi Gas

Selasa, 27 Januari 2015

OKEZONE.COM. JAKARTA – Pembangunan infrastruktur gas di Indonesia saat ini masih tidak merata. Hal ini pun menjadi salah satu tantangan ke depannya bagi pemerintah agar bisa mengatasi permasalahan ini.

Menurut Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja, ada dua tantangan yang tengah dihadapi oleh sektor gas di Indonesia. Tantangan yang pertama tersebut adalah dari segi infrastruktur yang tidak merata.

“Saat ini infrastruktur gas di Indonesia masih terkonsentrasi di Jawa timur, Jawa barat, dan Sumatera. Bagian timur kita belum ada infrastruktur gas,” kata dia disela-sela pameran Indogas 2015 di Jakarta Convention Centre, Selasa (27/1/2015).

Tantangan yang kedua adalah dari segi produksi. Dia menyebut, ke depan produksi gas di Indonesia harus semakin digenjot, yaitu dengan cara meningkatkan eksplorasi terutama untuk wilayah timur Indonesia.

“Kita dorong supaya ada eksplorasi ke daerah timur, misalnya dengan memberikan insentif. Sehingga ke depan bisa seimbang penggunaan energi antara gas, minyak dan batu bara,” tambah dia.

Untuk wilayah timur ini, lanjut Nyoman, infrastruktur gasnya ke depan akan dibuat secara khusus, yaitu dengan menggunakan virtual pipeline.

“Daerah timur ini lautnya dalam, dan banyak palung laut yang dalam. Kita tidak bisa bangun pipa. Kita akan bangun virtual pipeline. Bentuknya pipa imajiner dan menggunakan LNG, sehingga bisa didistribusikan ke pulau-pulau daerah timur. Termasuk Sulawesi, Manado, Gorontalo, dan sebagainya,” tutup dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s