PAD Meningkat 206,17 Persen

Rabu, 28 Januari 2015

KALTIM POST. SANGATTA – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) terus mengumpulkan seluruh potensi penerimaan asli daerah. Buktinya, persentase pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) meningkat sampai 206,17 persen.
“Target Dispenda hanya sekitar Rp 94 miliar. Alhamdulillah malah mengalami peningkatan tajam dibanding tahun sebelumnya yakni Rp 194 miliar,” kata Kadispenda Yulianti didampingi Kabid PDRB Musyaffa dan Kabid PBB dan BPHTB Awang Amir Yusuf, belum lama ini.
Menurut Yulianti, ada peningkatan pengelolaan PBB (pajak bumi dan bangunan) perdesaan dan perkotaan serta Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), PAD Kutim. Sebab sektor PBB sanggup menambah jumlah PAD Kutim hingga Rp 2,6 miliar dari target Rp 1 miliar atau 265,23 persen. Sementara itu, untuk BPHTB dari target Rp 29 miliar, ternyata dapat terealisasi Rp 33,5 miliar atau 115,35 persen.
Ia menjelaskan, kedua pajak ini sudah dikelola maksimal oleh Dispenda Kutim, namun masih terus bertambah mengiringi perkembangan kepemilikan lahan dan bangunan oleh warga yang jumlahnya terus meningkat. Berikutnya penerimaan dari pajak restoran juga mengalami peningkatan drastis dari target Rp 11 miliar, terealisasi Rp 17,5 miliar atau 159,65 persen.
Selain itu, PAD Kutim meningkat karena kontribusi penarikan retribusi yang dilakukan belasan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lingkup Pemkab Kutim. Mendatang, retribusi menjadi sumber potensial untuk meningkatkan PAD Kutim apabila dikelola dengan maksimal.
“Jajaran Dispenda berharap SKPD bisa memaksimalkan penerimaan dari sektor retribusi, dan terus menggali potensi lainnya,” harap mantan Kabag Keuangan Setkab Kutim ini.
Yulianti menyebut, target paling realistis meningkatkan potensi penerimaan PAD Kutim, melibatkan seluruh pihak terkait. Karena, nanti Kutim tidak lagi mengandalkan sektor mineral, gas, dan batu bara (minerba) sebagai sumber dana untuk pembangunan daerah. (hms4/waz/k11)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s