PNBP Minerba Rp34 Triliun, Tak Capai Target

Rabu, 28 Januari 2015

OKEZONE.COM. JAKARTA – Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) telah menghimpun pendapatan negara bukan pajak (PNBP) di sektor minerba sepanjang 2014 sebesar Rp34,2 triliun.Dirjen Minerba R Sukhyar mengatakan, capaian tersebut memang belum sesuai dengan target PNBP minerba 2014 yang sebesar Rp39 triliun.

“Memang tidak sesuai rencana, kalau 2013 Rp28 triliun, kami menganggap masih bagus karena harga batubara harganya hanya 60 persen dibandingkan dengan harga batubara pada 2013 yang 100 persen,” kata Sukhyar di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Bahkan, capaian tersebut dinilai lebih baik dibandingkan dengan capaian PNBP di 2013 adalah di 2014 ekspor konsentrat atau ore sudah tidak diberlakukan oleh pemerintah. Bahkan, capaian PNBP minerba tahun ini ada bantuan dari supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang meminta pelaku usaha membayar kewajibannya.

“Karena kontribusi ore ini bisa membuat tambahan Rp10 triliun,” tambahnya.

Menurut Sukhyar, untuk target PNBP di 2015 ditargetkan sebesar Rp40,3 triliun atau lebih tinggi dibandingkan target PNBP 2014 yang sebesar Rp39 triliun. Dirinya pun tetap yakin bahwa target tersebut bisa tercapai.

“Kita kan targetnya Rp40,3 triliun tahun lalu Rp39 triliun, kita hanya dapat Rp34,2 triliun, jadi naik Rp1 triliun lah, dan tidak mudah itu, tapi kalau ditanya yakin ya kita yakin,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s