PT RAPP Siap Alokasi Lahan untuk Dukung Budaya Pacu Jalur

Selasa, 27 Januari 2015

Riauterkini-PEKANBARU-PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) siap mengalokasikan lahan mereka untuk menanam kayu yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan jalur atau sampan tradisional yang merupakan kalender wisata, yakni Festival Pacu Jalur di Talukkuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Hal itu terungkap dalam sesi tanya jawab Konsultasi Publik II Studi Penilaian Hight Conservation Value (HCV) atau areal Nilai Konservasi Tinggi (NKT) di salah satuhotel berbintang di Pekanbaru. Beberapa camat dan pemangku kepentingan lain meminta perusahaan kertas dan pulp itu mengalokasikan areal konsesi mereka, untuk pembibitan dan penanaman pohon yang dijadikan bahan baku jalur atau sampan tradisional.

Direktur Kelestarian PT RAPP Petrus Gunarso yang didamping stafnya , Ihsan menyatakan, prinsipnya pihaknya setuju menyisihkan 5 dan 10 persen dari areal konsensi mereka untuk tanaman kehidupan dan tanaman keunggulan. Terkait tanaman untuk jalur, Ihsan menambahkan, prinsipnya PT RAPP tak menolak.

“Akan tetapi pengelolaan lahan bukan hanya PT RAPP. Sehingga jika semua harapan dibebankan kepada sumber daya yang terbatas pasti tidak akan sanggup. Karena ada pengelola-pengelola lahan lain yang berada di sekitar kita, termasuk pengelola sawit, HGU dan HTI lainnya,’’ kata Ihsan.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr Ir Machmud Thohari mengatakan, pembibitan dan penanaman pohon untuk bahan baku jalur itu sebuah tantangan, setelah dulu banyak berlimpah. “Sekarang arealnya sempit dengan individu (pohon) nya terbatas. Perlu kajian intensif lagi bagaimana kita bisa menggunakan teknologi yang ada untuk pengembangan dan penunjang wisata Pacu Jalur itu,” tuturnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s