Perluasan Areal HPH PT Diamond, Rohil Dipertanyakan Dewan

Kamis, 29 Januari 2015

Riauterkini-BAGANSIAPIAPI-Dinas Kehutanan hearing dengan Komisi A DPRD Rokan Hilir. Dalam hearing tersebut, dipertanyakan perluasan areal HPH PT Diamond, padahal secara real, sejumlah kawasan sudah banyak jadi pemukiman.

“Ya, terutama masalah dengan PT Diamond ini, begitu juga dengan PT- PT (perusahaan, red) yang punya izin di Rohil ini, menyangkut PT Diamond, kita pertanyakan juga, itu ada SK Menhut itu, masak ada penambahan areal dari 51 ribu, menjadi 54 ribu, ada penambahan untuk Rokan Hilir 3 ribu,” kata Ketua Komisi A, Abu Khoiri, Rabu (28/1/15) di kantornya keheranan.

Secara logika, DPRD menurut Abu Khoiri berpikir, HPH PT Diamond yang sudah ada sejak tahun 1979, kawasannya tentu sudah banyak pemukiman penduduk, dan seharusnya luasnya menjadi berkurang, bukan bertambah.

“Secara logika kita berpikir, dari yang lama itu, tahun 79 sampai sekarang ini kan perluasan kawasan untuk pemukiman untuk masyarakat bertambah, kemudian areal hutan masak bertambah, seharusnya kalau memperpanjan izin, dikurangilah dari yang lama,” katanya.

Abu menilai, masyarakat juga memerlukan lahan untuk bercocok tanam, bermukim bahkan kantor, makanya masyarakat ada yang keberatan atas kondisi tersebut.

Atas keberatan masyarakat tersebut, DPRD menyarankan, agar areal dimaksud, diingklap sesuai kondisi lapangan sekarang.

Bahkan, DPRD menganggap aneh, perpanjangan HPH PT Diamond ternyata tidak ada rekomendasi sedikitpun dari Dinas Kehutanan Kabupaten Rokan Hilir, semua dari pemerintah pusat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s