Kerusakan Hutan Mencapai 450 Ribu Hektare Pertahun

Minggu,  22 Februari 2015

SINDONEWS, BOGOR – Kerusakan hutan di Indonesia mencapai 450 ribu hektare pertahun. Kondisi ini cukup memprihatinkan karena masalah tersebut akan memicu bencana lain seperti pemasanan global.

Mengetahui kondisi ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya geram. Dia menegaskan, para perusak hutan sama dengan kejahatan teroris.

“Ya untuk itu, prilaku pembalakan hutan liar kita kategorikan sebagai kejahatan teroris,” jelasnya saat acara penanaman pohon di Kebun Bibit Pohon Paguyuban Budiasi, Bogor, Sabtu (21/02/2015)‬

Ia menyebutkan, Indonesia merupakan pemilik hutan hujan tropis ketiga di dunia dengan luas kawasan mencapai 130,68 juta hektare. Namun, laju deforestasi hutan yang sangat cepat membuat luas hutan berkurang. Setiap tahunnya deforestasi dan degradasi hutan berada di angka 450 ribu hektare.‬

“‪Kerusakan hutan memiliki dampak seperti bencana tanah longsor, kekeringan, banjir, global warming dan rusaknya lapisan ozon serta punahnya kekayaan flora dan fauna. Untuk itu hutan perlu dilindungi, dikonservasi dan direboisasi,” tuturnya.

Ia menegaskan langkah utama yang diambil untuk mengurangi kerusakan hutan yakni dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan. Disamping itu, penindakan tegas juga harus dilakukan agar kerusakan hutan tidak meluas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s